Monday, April 28, 2008

Kiat Menghadapi Rendah Diri

Rendah diri adalah suatu kondisi dimana seseorang tidak dapat menghargai dan menerima diri sendiri sejajar dengan orang lain, merasa ada hambatan dalam segala hal, dan dirinya merasa punya kekurangan.

Banyak masalah yang dialami oleh remaja yang berasal dari keadaan rasa rendah diri. Masalah-masalah tersebut antara lain: membolos, penyalahgunaan zat/obat terlarang, kenakalan remaja, kriminalitas, dan lain-lain. Rasa rendah diri dapat terjadi sejak usia anak-anak dan dapat muncul juga ketika remaja. Untuk itu keadaan rasa rendah diri ini perlu mendapatkan perhatian yang serius oleh karena penanganan yang tepat dapat menghindarkan remaja dari problem kegagalan masa depan.

CIRI-CIRI RASA RENDAH DIRI

  1. kesepian, tertekan, dan tidak bahagia
  2. sukar bergaul dengan orang lain
  3. takut ditolak orang
  4. mendekati orang terlalu hati-hati sehingga berkesan terlalu kaku dan formil
  5. bertindak kaku seakan-akan sadar akan keadaan dirinya yang begitu banyak kelemahan
  6. curiga pada orang lain
  7. tidak percaya bahwa dirinya memiliki kelebihan
  8. kesulitan untuk tampil dimuka umum

RENDAH DIRI PADA REMAJA

Masa remaja adalah masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa, yaitu antara umur 11-21 tahun. Pada masa ini hampir selalu merupakan masa-masa sulit bagi remaja, pendidik maupun orang tua. Remaja mulai menyampaikan kebebasan dan haknya untuk mengemukakan pendapatnya sendiri. Hal tersebut dapat menimbulkan ketegangan dan perselisihan, sehingga dapat menjauhkan diri dari keluarganya. Jadi suatu keadaan yang tidak dapat memberikan rasa percaya diri pada remaja menimbulkan rasa rendah diri pada remaja tersebut.

Untuk mengatasi rasa rendah diri maka sebaiknya remaja dapat mengembangkan konsep diri yang sehat. Yaitu dengan cara:

  1. Belajar tentang diri sendiri.
    Belajar tentang diri sendiri dapat dilakukan dengan melihat sifat-sifat kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri sendiri. Sifat-sifat tersebut dapat kita tanyakan pada orang-orang di sekitar kita. Jika menurut kita ada pendapat dari orang-orang tentang kita yang kurang benar, maka kita jangan terpengaruh. Setelah kita tahu kelemahan dan kelebihan kita maka kita dapat lebih tahu siapa diri kita yang sebenarnya.
  2. Belajar peka terhadap saran dan kritik dari orang lain tentang diri kita sehingga kita makin kaya akan pengenalan diri kita sendiri.
  3. Mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin.
  4. Menerima dan mengakui diri sebagai manusia biasa dengan segala kekurangan dan kelebihan serta kekurangannya.
  5. Berpikir positif tentang diri kita dan orang lain.
  6. Bergaul dengan banyak teman.
  7. Mengikuti kegiatan-kegiatan positif dalam usaha menemukan bakat-bakat kita.
Tentu saja dalam mengatasi keadaan rendah diri ini tidak semudah orang membalik telapak tangan tetapi perlu proses yang panjang (dapat bertahun-tahun). Tetapi orang yang memiliki kemauan kuat untuk berubah pasti akan berubah karena kepribadian kita bersifat dinamis.

Anda dapat mendownloadnya disini


No comments: